Jakarta, CNN Indonesia

Telkomsel Enterprise, unit bisnis dari Telkomsel, kembali meluncurkan hasil riset Ramadan Insight 2024. Riset ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas selama Ramadan.

Di mana Telkomsel Enterprise membantu para pelaku bisnis dengan memanfaatkan ragam solusi layanan digital advertising dan data insight.

Berdasarkan hasil riset, melalui pemanfaatan online survey tsurvey.id dan telco data insight, Telkomsel menemukan beberapa valuable insights.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Antara lain pola perilaku konsumen yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital dengan tingginya akses internet untuk berbagai aktivitas seperti browsing, gaming, dan chatting selama Ramadan.

Kemudian lebih dari 78 persen responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran selama bulan suci ini, sementara lebih dari 60 persen merencanakan mudik satu minggu sebelum Lebaran.

Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan, Telkomsel Enterprise kembali hadir melalui Ramadan Insight 2024 sebagai langkah maju dalam meningkatkan pemasaran berbasis tren yang kian berkembang untuk memenangkan peluang di momen Ramadan tahun ini.

“Melalui hasil riset ini, dengan semangat #PastiAdaSolusi, kami di Telkomsel berupaya untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama periode Ramadan,” kata Arief dikutip Senin (1/4).

Telkomsel berharap, dengan dirilisnya riset Ramadan Insight 2024 ini, para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran.

“Sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2024,” ujarnya.

Berdasarkan hasil riset yang lebih mendalam, menyoroti peningkatan trafik data selama Ramadan di berbagai komunitas. Komunitas Gamers, misalnya, mengalami peningkatan trafik data sebesar 20 persen.

Peningkatan itu terutama selama waktu ngabuburit, dengan memainkan game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox menjadi yang paling diminati.

Pada segmen youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10 persen, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadan.

Di sisi lain, Komunitas para pencari promo mencatat peningkatan trafik data sebesar 26 persen pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33 persen, siang hari 21 persen, dan sebelum berbuka puasa 23 persen.

Kemudian melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, ditemukenali bahwa sebanyak 69 persen responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadan, di mana salah satu faktornya karena adanya THR yang diterima dalam bentuk cash 83 persen dan transfer bank 12 persen.

Kemudian 68 persen responden menyatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk mudik, di mana mayoritas responden menyesuaikan jadwal libur dan cuti mereka untuk mudik satu minggu sebelum lebaran.

Selain itu sebagian besar responden membeli tiket mudik satu bulan sebelum lebaran. Untuk melaksanakan mudik, mode transportasi kendaraan pribadi mobil dan motor menjadi yang paling banyak dipilih, kemudian diikuti oleh Kereta Api, Pesawat dan Bus.

Selain donasi dan mudik, belanja menjadi kegiatan pokok lain pada saat Ramadan, hasil riset ini juga menunjukkan bahwa toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce sudah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja.

Adapun Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60 persen responden, diikuti oleh Tokopedia 20 persen dan Lazada 10 persen. Kemudahan berbelanja, gratis ongkos kirim, dan pembayaran online yang terintegrasi menjadi alasan utama konsumen memilih e-commerce.

Terkait pengeluaran selama Ramadan, sebanyak 78 persen responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran. Mayoritas dari mereka meningkatkan pengeluarannya sebanyak satu sampai dengan tiga kali di atas pengeluaran biasanya.

Pengeluaran itu terdiri dari sembako, makanan siap saji, pakaian baru, vitamin dan obat-obatan hingga tiket mudik. Selain itu gadget juga masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama momen Ramadan.

Adapun pelajar merupakan segmen yang paling membutuhkan gadget baru dengan 56 persen, kemudian diikuti oleh pekerja dan wiraswasta. Mereka cenderung membeli jenis perangkat ini secara teratur dengan persentase pembelian Handphone sebesar 63 persen, Laptop sebesar 22 persen, dan 7 persen dari responden juga membeli TV baru.

Melalui hasil survei ini, menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan Hari Raya bagi masyarakat Indonesia, di mana masyarakat akan berusaha untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Bagi pelaku bisnis, informasi ini sangat berharga karena memberikan wawasan mendalam tentang pola perilaku dan preferensi pasar. Hasil survei ini juga dapat dimanfaatkan oleh pemangku kebijakan dalam kapasitasnya melakukan intervensi sosial dan memberikan layanan publik yang optimal dan berdampak positif.

Dengan memahami betapa pentingnya momen ini bagi masyarakat, para pelaku bisnis dapat mengarahkan strategi pemasaran mereka secara lebih tepat dan efektif.

Mereka dapat memanfaatkan solusi Telkomsel DigiAds yang menyediakan beragam opsi periklanan digital, memungkinkan mereka untuk menjalankan kampanye mobile marketing atau digital marketing dengan efektif dan efisien, serta mencapai target audiens dengan lebih tepat.

Selain itu, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar dan pelanggan, pelaku bisnis atau Lembaga tertentu bisa memanfaatkan solusi tSurvey.id yang mampu membantu kebutuhan riset, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya.

Hal ini membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan program pemasaran mereka dari awal hingga akhir, dengan berpegang pada pemahaman yang kuat tentang pasar dan pelanggan mereka.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai detail hasil riset Ramadan Insight 2024 dari Telkomsel Enterprise dapat diakses di sini. Sementara pelanggan bisnis dari segmen korporasi, industri dan sektor UMKM dapat mengakses informasi mengenai ragam solusi digital terbaik dari Telkomsel Enterprise melalui laman tsel.id/enterprise.

(inh)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *